wakil ketua DPRD Jombang, H Syarif Hidayatullah, S.T., M.MT. di dapuk jadi pembaca naskah Ikrar Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2024

0
14 views
Bagikan :

JOMBANG, TelusuR.ID – Pemerintah Daerah Kabupaten (PEMKAB) Jombang gelar upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila bertempat di Lapangan Kantor Pemkab, Jl KH Wahid Hasyim No 137 Jombang, Selasa, (01/10/2024).

Kapolres Jombang AKBP Eko Bagus Riyadi, S.H., S.I.K., M.Si., bertindak sebagai inspektur upacara. Pada Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2024 ini mengusung tema “BERSAMA PANCASILA KITA WUJUDKAN INDONESIA EMAS”, pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju.

sementara itu pembacaan Naskah Ikrar Hari Kesaktian Pancasila 2024 diserahkan kepada wakil ketua DPRD Jombang, H Syarif Hidayatullah, S.T., M.MT., yang juga ketua ormas MPC Pemuda Pancasila Jombang.

Berikut naskah Ikrar Hari Kesaktian Pancasila seperti dikutip dari Pedoman Upacara Hari Kesaktian Pancasila 2024,  bunyi Ikrar Hari Kesaktian Pancasila 2024.

IKRAR

Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa, kami yang melakukan upacara ini menyadari sepenuhnya:

bahwa sejak diproklamasikan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia;

bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan Bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai Ideologi Negara;

bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, Bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia;

maka di hadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Jakarta, 1 Oktober 2024
Atas Nama Bangsa Indonesia
Ketua DPR RI,

Pada kesempatan yang sama wakil ketua DPRD Jombang, H Syarif Hidayatullah, S.T., M.MT., yang juga ketua ormas MPC Pemuda Pancasila Jombang,  memberikan pernyataan ” Kita semua berharap, para generasi penerus bangsa khususnya di Kabupaten Jombang dapat terus menjaga nilai-nilai luhur Pancasila”, ujar Gus Sentot sapaan akrab H Syarif Hidayatullah, S.T., M.MT. kepada media.

” Dan tak kalah penting adalah mempertahankan persatuan dan integritas bangsa dalam menghadapi berbagai tantangan di masa depan” tegasnya

“Peringatan hari kesaktian Pancasila sebagai  momentum dan bukti nyata bahwa Pancasila itu sakti dan mampu mempersatukan rakyat. Semoga ke depannya Jombang semakin maju dan rakyat semakin sejahtera, sebagai implementasi sila kelima Pancasila yakni keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” harapnya.

Lebih jauh Ketua Ormas MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Jombang ini memaparkan Pancasila merupakan ideologi negara Indonesia yang menjadi dasar sistem penyelenggaraan negara dan pandangan hidup bangsa. Pancasila memiliki peran penting dalam membimbing bangsa Indonesia menuju tujuan dan arah yang diinginkan.

Sebagai landasan pembangunan dalam mewujudkan Indonesia maju, maka tema yang diangkat pada peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2024 yaitu “Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas”.

” Makna dari tema ini mencerminkan komitmen Bangsa Indonesia untuk bersatu dalam mencapai visi Indonesia Emas 2045, visi Indonesia yang maju, adil dan makmur. Selain itu, bertujuan untuk menumbuhkan rasa nasionalisme anak bangsa melalui upacara Hari Kesaktian Pancasila ” Pungkas Gus Sentot.

Turut hadir pada peringatan Hari Kesaktian Pancasila tersebut antara lain Jajaran Forkopimda, Kadis Kominfo, Inspektur Inspektorat, Kasat Pol PP, DPRD Jombang.
Peserta upacara sebanyak 750 personil dari Kodim 0814, Polres Jombang, TNI AU Satrad 222, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dikbud (Guru), Cabang Dinas (Guru), Cabang Dinas (Siswa), Kenenag Guru, Kemenag (Siswa MA), Kwarcab Pramuka, PPI, Banser, BKPSDM (ASN), KBPP Polri, BPBD, Basarnas, Pemuda Pancasila dan Srikandi.(Thil)

 

Tinggalkan Balasan