KPU Jombang Gerebeg Pasar Untuk Tingkatkan Partisipasi Pemilih di Pilkada 2024

0
24 views
Bagikan :

JOMBANG, TelusuR.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jombang menggelar grebeg pasar untuk mensosialisasikan gelaran Pilkada 2024. Bahkan, KPU juga mengajak serta maskot Si Jali (Jatim Memilih) dan Si Boki (Kebokicak Demokrasi) berkeliling.

Grebeg pasar tersebut berlangsung selama dua hari, Yakni 29-30 September 2024. Upaya itu dilakukan untuk menyosialisasikan Pilkada serentak yang digelar 27 November 2024. Selain itu, grebeg pasar ini juga diharapkan dapat meningkatkan partisipasi pemilih.

Sejak pagi, tim dari KPU mulai berkeliling melakukan grebeg pasar Ngoro. Dilanjutkan ke Pasar Gudo, kemudian ke pasar Cukir dan sejumlah pasar lainnya. Sedangkan hari pertama, tim blusukan ke Pasar Wonosalam, Bareng, serta Jogoroto. Total ada 21 pasar di seluruh Kabupaten Jombang.

Untuk mengundang massa, tim sosialisasi ini menyuguhkan hiburan gratis berupa organ tunggal lengkap dengan penyanyinya. Para pengunjung dan pedagang pasar menikmati sajian tersebut. Selanjutnya, para pengunjung diberikan kuis berhadiah menarik.

Semisal diberi pertanyaan tentang kapan pelaksanaan Pilkada serentak dan siapa saja paslon (pasangan calon) yang akan berlaga dalam momen lima tahunan tersebut. Walhasil, pengunjung dan pedagang pasar yang menjawab dengan benar mendapatkan hadiah menarik.

Bukan itu saja, para anggota PPS (Panitia Pemungutan Suara) dan PPK (Panitia Pemungutan Kecamatan) yang hadir ikut membagikan selebaran kepada pengunjung. Isinya, mengingatkan kepada masyarakat bahwa pemungutan suara Pilkada dilakukan pada 27 November 2024.

Ketua KPU Jombang Ahmad Udi Masjkur mengatakan bahwa sosialisasi tersebut dilakukan di 21 pasar se-Kabupaten Jombang. Tujuannya, untuk menyosialisasikan Pilkada serentak 27 November 2024.

“Sosialisasi grebeg pasar ini juga ntuk meningkatkan partisipasi pemilih. Grebek pasar ini kita lakukan selama dua hari, yakni Minggu dan Senin (29-30 Sepetember 2024),” kata Udi, Selasa (01/10).

Diketahui, Pilgub Jatim diikuti oleh 3 Paslon yang ditetapkan sebagai kontestan masing-masing yakni nomor urut 1 Luluk Nurhamidah-Lukmanul Khakim, nomor urut 2 Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak, dan nomor urut 3 Tri Rismaharini-KH Zahrul Azhar Asumta.

Sedangkan Pilbup Jombang diikuti dua pasangan calon. Mereka adalah, nomor urut 1 Mundjidah Wahab-Sumrambah, dan nomor urut 2 Warsubi-Salmanudin Yazid.

“Selain tanggal 27 November 2024 sebagai hari memilih, kita juga mensosialisasikan ketiga paslon di Pilgub Jatim dan kedua paslon di Pilbup Jombang,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan