HSN 2024, PCNU Surabaya Minta Ta’mir Masjid dan Musholla  Adakan Khotmil Qur’an

0
1 views
Bagikan :

SURABAYA, TelusuR.id – Hari Santri nasional segera digelar pada 22 Oktober mendatang. Tahun ini, tema yang diangkat dalam peringatan Hari Santri adalah ‘Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan’.

Hari Santri Nasional pertama kali ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo melalui Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015. Tujuan adalah untuk mengenang, meneladani dan melanjutkan peran ulama dan santri dalam membela dan mempertahankan NKRI, serta berkontribusi dalam pembangunan bangsa.

Terlebih, jika di Surabaya lantaran pada tanggal 10 November 1945 para santri turut berjuang mempertahankan kemerdekaan Indonesia dalam momentum dahsyat pertempuran 10 November 1945.

Pertempuran ini tidak bisa lepas dari Resolusi Jihad yang dikeluarkan oleh Hadratusyekh KH Hasyim Asy’ari pada Tanggal 22 Oktober 1945.

Pada 22 Oktober 1945 sebuah keputusan dihasilkan dari rapat besar konsul-konsul (setingkat pengurus wilayah sekarang) NU se-Jawa dan Madura, di kantor HBNO di Jl. Bubutan VI/2 Surabaya, Jawa Timur.

Untuk memperingati hari penting itu, PCNU Kota Surabaya mengeluarkan surat imbauan. Surat Nomor : 295 /PC/A.II/L-1/10/2024 yang ditandatangani  17 Oktober 2024  oleh Ketua PCNU Kota Surabaya H. Ir. Masduki Toha dan Rais Syuriah KH. Ahmad Dzul Hilmi dan ini sudah disebarluaskan ke seluruh masjid, musholla dan seluruh MWCNU se Kota Surabaya.

Yakni, berisi imbauan untuk seluruh Takmir Masjid dan Musholla mengadakan Khotmil Qur”an pada hari selasa 22 Oktober 2024 dimulai Ba’da Shubuh sampai selesai  dan di akhiri dengan doa untuk syuhada yang telah gugur dalam mempertahankan kedaulatan negara.

“Diimbau kepada Takmir Masjid dan Musholla di lingkungan NU pada  hari Selasa  22 Oktober 2024 untuk melaksanakan Khotmil Qur’an dan diakhiri doa untuk para syuhada,” ucap Ketua PCNU Surabaya, H. Masduki Toha, Jum’at (18/10).

Menurut dia selanjutnya juga disampaikan bahwa peringatan Hari Santri nasional 2024 , PCNU Kota Surabaya memusatkan kegiatan di Tugu Pahlawan Surabaya  mulai tanggal 20 -22 Oktober 2024 dengan menggelar berbagai acara.

Salah satunya acara puncaknya dengan menyelenggarakan  istighosah doa bersama dan drama kolosal Hari Santri  2024 ‘Resolusi Jihad Fi Sabilillah ”  Kolaborasi Seniman Nahdliyin Surabaya yang akan digelar di halaman Tugu Pahlawan Surabaya pada Selasa (22/10/2024) jam 19.00 WIB.

Sebagai informasi, Hari Santri nasional dicetuskan dengan tujuan meneladankan semangat jihad kepada para santri. Terutama tentang keindonesiaan yang digelorakan para ulama.

Sementara pemilihan tanggal 22 Oktober sendiri adalah merujuk pada satu peristiwa bersejarah yakni seruan yang dibacakan oleh pahlawan nasional KH Hasyim Asyari pada 22 Oktober 1945 silam.

Tinggalkan Balasan