Kenang jasa-jasa KH.Moh.Irsyad dan Hj.Dewi Zakiyah dalam penyebaran Islam di Megaluh dan sekitarnya, Dzuriyah adakan Pengajian umum memperingati maulid Nabi Muhammad SAW 1446 H serta Haul KH.Moh.Irsyad dan Hj.Dewi Zakiyah ke-61

0
12 views
Bagikan :

JOMBANG, TelusuR.ID – Pengajian umum memperingati maulid Nabi Muhammad SAW 1446 H serta Haul KH.Moh.Irsyad dan Hj.Dewi Zakiyah ke-61 ( Simbah panggilan akrab dari keluarga besar dan masyarakat Megaluh) diselenggarakan di halaman utama Ponpes Mambaul Ulum, Jl KH.Moh.Irsyad No.16 Megaluh Jombang (16/9/2024).

Ribuan Jamaah hadir Pada acara pengajian umum pada (16/9) malam, pukul 19.30 WIB, Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dan Haul ke-61 Simbah KH. Moh Irsyad serta Simbah Hj. Dewi Zakiyah.

Acara ini juga bertujuan untuk mengenang jasa-jasa KH.Moh.Irsyad dan Hj.Dewi Zakiyah sebagai penyebar agama Islam pada masa tahun 1920 an di wilayah Megaluh dan sekitarnya. Adapun rangkaian Kegiatan untuk mengenang beliau adalah :

1. Khotmil Al-Qur’an Akbar
Dilaksanakan di 13 Musholla dan Masjid oleh siswa-siswi MI Mamba’ul Ulum, MTsN 14 Jombang, dan MA Mamba’ul Ulum.
Tanggal: 12 September 2024

2. Khotmil Qur’an, Tahlil, dan Doa Bersama
Dilaksanakan bersama masyarakat setempat. Acara dilanjutkan dengan lantunan sholawat yang diiringi oleh PAC Ishari NU se-Kecamatan Megaluh.
Tanggal: 16 September 2024

3. Ziarah Makam
Dilaksanakan oleh siswa-siswi MI Mamba’ul Ulum, MTsN 14 Jombang, dan MA Mamba’ul Ulum.
Tanggal: 17–18 September 2024
Setelah itu, dilanjutkan dengan kegiatan donor darah untuk kebermanfaatan masyarakat setempat.

4. Puncak Acara:
Pengajian Umum dan Pawai Ta’aruf
Hari/Tanggal: Kamis, 19 September 2024
Waktu: Pukul 19.00 WIB
Tempat: Halaman Utama PP. Mamba’ul Ulum, Megaluh, Jombang
Tema: “Memanfaatkan Potensi dari Dalam”
Pembicara: KH. Abdullah Faizin dari Lamongan.

Keluarga Besar YPDS Mamba’ul Ulum Megaluh dan Putra-Putri KH. Moh Irsyad & Hj. Dewi Zakiyah memberikan apresiasi yang sangat baik kepada seluruh masyarakat dan jamaah yang telah memberikan waktu, tenaga dan sumbangsihnya kepada panitia atas terselenggarannya  rangkaian acara tersebut.

Peringatan Haul KH. Moh. Irsyad dan Hj. Dewi Zakia adalah moment untuk mengenang perjuangan beliau sebagai tokoh penyebar ajaran NU dan agama Islam di Kecamatan Megaluh pada tahun 1920 an. Dalam perjalanan dakwah beliau, beliau telah meninggalkan warisan berupa tempat pendidikan islam, di antaranya adalah :

Mushollah dan PP.Mambaul Ulum (al.irsyad)
Mi.Mambaul Ulum
Mtsn.14 Megaluh
Ma Mambaul Ulum

” Beliau juga dikenal dengan ketekunannya dalam mengasuh pengajian rutin yang diadakan pada hari Senin dan Selasa Kliwon. Pengajian ini merupakan bagian dari usaha beliau dalam mendidik masyarakat dan menyebarkan ajaran Islam di wilayah megaluh dan sekitarnya ”  terang kang Pitil salah satu Dzuriyah KH. Moh. Irsyad dan Hj. Dewi Zakia kepada TelusuR.ID

Tinggalkan Balasan