Mengulik profil Gus Hans, pendamping Risma di gelaran Pilgub Jatim 2024

0
14 views
Bagikan :

JOMBANG, TelusuR.ID – PDI Perjuangan telah memilih KH Zahrul Azhar Asumta (Gus Hans) untuk mendampingi Tri Rismaharini (Risma) sebagai bakal calon kepala Jatim.

Risma-Gus Hans akan bertarung di Pilkada Jatim melawan bakal paslon petahana Khofifah-Emil dan jagoan dari PKB, Luluk Nur Hamidah-Lukmanul Hakim.

KH Zahrul Azhar Asumta atau yang biasa akrab disapa Gus Hans ini bukanlah sosok baru dalam dunia .
Politisi Partai Golkar Jatim ini sebelumnya dikenal sebagai Tim Sukses Mantan Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa.

Gus Hans merupakan mantan Juru Bicara pasangan Khofifah-Emil pada Pilgub Jatim 2018.
Ayah dari tiga orang anak ini membuktikan kemampuan politiknya tatkala berhasil membawa pasangan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak menang dalam pemilihan Gubernur Jawa Timur.

Berikut Profil Singkat Gus Hans:

Gus Hans lahir di Jombang pada 23 Maret 1976 dari pasangan suami istri KH As’ad Umar dan Hj Azah As’ad.

Gus Hans sudah aktif berorganisasi sejak remaja, hal itu ia lakukan saat kuliah di jurusan Hubungan Internasional UPN Jogjakarta.Gus Hans juga merupakan alumnus S2 IKM Fakultas Kedokteran UGM.

Gus Hans memiliki posisi penting dalam dunia santri sebagai Sekjen Jaringan Kiai Santri Nasional (JKSN).

Ia juga pernah menjadi Ketua Lembaga Kemaslahatan Keluarga Nahdlatul Ulama (LKKNU) Jatim peiode 2014-2018.

Ia pula yang melanjutkan tonggak kepemimpinan sang ayah sebagai pengasuh Pondok Pesantren Queen Al Azhar Darul Ulum, Peterongan, Jombang.

Ayah dari tiga orang anak ini juga menjabat sebagai Wakil Rektor Unipdu Jombang.

Jelang Pemilihan Walikota (Pilwali) Surabaya 2020 silam, Gus Hans menjadi kader yang dipilih Golkar untuk maju sebagai bakal calon Wali Kota Surabaya.
Meski langkahnya harus terhenti pada momen Pilwali tersebut, Gus Hans kembali digadang-gadang maju Calon Bupati Jombang 2024, namun langkah tersebut terhenti.

Hingga akhirnya Gus Hans mendapat kesempatan pada Pilgub Jatim 2024 dengan mengantongi rekomendasi dari PDIP dan Golkar untuk maju sebagai bakal calon Wakil Gubernur (Cawagub) Jatim 2024 mendampingi Tri Rismaharini. *(sumber dari aspri gus.hans)* penulis phitil

Tinggalkan Balasan