Peduli ODGJ , Gus Sentot anggota komisi D DPRD Jombang lakukan Kunjungan ke Yayasan Griya Cinta Kasih (GCK)

0
31 views
Gus Sentot/Syarif Hidayatullah ketua DPC Partai Demokrat Jombang
Bagikan :

Jombang, TelusuR.ID – Mobilisasi dan rasa kepedulian kepada sesama manusia terus bergulir dalam setiap aktivitas yang dilakukan Syarif Hidayatullah anggota DPRD jombang. Pada Selasa 23 juli 2024 beliau melakukan kunjungan ke Lembaga Kesejahteraan Sosial (ODGJ) Orang Dengan Gangguan Jiwa Yayasan Griya Cinta Kasih (GCK) yang ada di Desa Sumber Mulyo Kecamatan Jogoroto, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Dalam Acara yang diberi nama open donasi peduli ODGJ ini Gus Sentot sapaan akrab Syarif Hidayatullah anggota Komisi D DPRD Jombang, memaparkan  ” sebagian besar ODGJ ini memiliki latar belakang kurangnya kepedulian dari pihak keluarga atau Masyarakat. ODGJ dibiarkan tinggal seorang diri, jarang dijenguk dan diajak berkomunikasi. Selain itu, adanya diskriminasi dari keluarga dan masyarakat luas yang menganggap bahwa ODGJ merupakan individu yang berbeda dari masarakat pada umumnya, merupakan aib bagi keluarga, ataupun keluarga merasakan ketakutan dengan gejala prilaku yang muncul pada ODGJ seperti gejala gaduh gelisah, membuat mereka memutuskan untuk menjauhi ODGJ ”

Dukungan sosial dari keluarga, teman, ataupun masyarakat sekitar membantu ODGJ mengalami kemajuan atau perubahan positif dalam dirinya, sehingga hendaknya seluruh pihak dapat bekerja sama untuk menciptakan lingkungan sosial yang mendukung proses pemulihan ODGJ tegas Gus Sentot yang juga merupakan ketua MPC ormas Pemuda Pancasila Kabupaten Jombang.

Mengenai definisi ODGJ menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2014 tentang Kesehatan Jiwa, Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) adalah orang yang mengalami gangguan dalam pikiran, perilaku, dan perasaan yang termanifestasi dalam bentuk kumpulan gejala dan perubahan perilaku yang bermakna , serta dapat menimbulkan penderitaan dan hambatan dalam menjalankan fungsi orang sebagai manusia. Hal ini dapat dipahami bahwa gejala gangguan kejiwaan yang dialami seseorang dapat menimbulkan Penderitaan dan hambatan dalam keseharian termasuk hambatan dalam mengurus diri sendiri, sehingga penting bagi ODGJ memiliki sistem sumber dukungan yang dapat membantu dalam mengatasi hambatan tersebut, terang Gus Sentot.

lebih lanjut Gus sentot menambahkan bahwa faktor kejiwaan dan spiritual adalah hal yang sangat penting dalam memberikan proses kesembuhan “Bung Karno pun pernah berkata bahwa Bangunlah Jiwanya Bangunlah Badannya. Jadi, saya meyakini bahwa ini sakit jiwa bukan raga, dalam artian bahwa makanan dari jiwa adalah kerohanian,” ujarnya.

Gus Sentot juga mengapresiasi kontribusi GCK dalam mengatasi permasalahan Sosial, terutama bagi orang dengan gangguan jiwa. Dan semoga GCK dapat terus tumbuh, terus meningkatkan kualitasnya, dan memberikan kontribusi dalam membantu sesama, khususnya bagi orang -orang yang mengalami gangguan kejiwaan” , tuturnya

Di sela sela acara kunjungannya tersebut Gus sentot memberikan oleh oleh kepada pengurus GCK dan tak ketinggalan sebagaimana kebiasannya dalam setiap kunjungannya untuk bersedekah kepada anak anak usia sekolah yang ada di sekitar GCK. ” ini untuk memotivasi anak anak agar lebih rajin dan giat belajar saja” ujar Gus Sentot.

“Mudah-mudahan semua kebaikan Bapak Ibu pengurus Yayasan GCK mendapatkan Ridho Alloh SWT dan menjadi amalan Ibadah yang mulia. GCK adalah harapan masyarakat dalam membantu ODGJ. Untuk itu dalam acara open donasi peduli ODGJ ini, kami berharap semua pihak dapat bersinergi membantu GCK”, terang Gus Sentot.

“Semoga pasien ODGJ di Yayasan GCK kesembuhannya dipercepat oleh Alloh SWT, bisa kembali ke keluarganya”, pungkasnya

 

Tinggalkan Balasan