fbpx

Home Berita Cawapres Mahfud MD Berziarah ke Makam Gus Dur dan Pendiri Nahdlatul Ulama...

Cawapres Mahfud MD Berziarah ke Makam Gus Dur dan Pendiri Nahdlatul Ulama Kiai Wahab

0
46 views
Mahfud MD berziarah di makam Gus Dur dan Kiai Wahab
Bagikan :

JOMBANG, TelusuR.id – Kunjungi Jombang, Mahfud MD Cawapres (Calon Wakil Presiden) berziarah ke Makam pendiri dan penggerak Nahdlatul Ulama KH Wahab Chasbullah dan Presiden RI ke IV KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

Mahfud MD bersama rombongan tiba di Tambakberas sekitar pukul 13.00 WIB, Sabtu (02/12) kemarin sore. Turun dari mobil, Mahfud terlebih dulu mampir ke rumah anggota DPRD Jatim Ahmad Silahuddin atau Gus Adi, yang ada di samping komplek makam tersebut.

Di rumah tersebut pria kelahiran Pulau Madura ini hanya sekitar 15 menit. Kemudian menuju makam keluarga besar Pondok Tambakberas. Nah, di lokasi itulah KH Wahab Chasbullah dimakamkan. Cawapres dari Ganjar Pranowo ini melantunkan tahlil.

Nampak di barisan depan bersama Mahfud MD, putra Kiai Wahab KH Rokib Wahab atau Gus Rokib, kemudian pengasuh PPBU Tambakberas KH Abdul Latif Malik atau Gus Latif dan Gus Wahab Yahya Hamid Hasbulloh. Nampak pula Ketua GPK (Gerakan Pemuda Kabah) Jatim Mujtahidur Ridho atau Gus Edo.

Mahfud menjelaskan bahwa dirinya keliling Jawa Timur. Secara umum ada dua acara. Pertama, halaqah di beberapa tempat dan pengajian umum. Tapi ada yang hanya kunjungan ziarah. Yakni di makam pendiri NU KH Wahab Chasbullah. Lalu ke Pondok Tebuireng, ziarah ke makam Gus Dur (KH Abdurrahman Wahid).

“Kiai Wahab Chasbullah ini sangat menginspirasi nasionalisme dengan ungkapan hubbul wathon minal iman (cinta tanah air sebagian dari iman). Itu sangat terkenal di Indonesia. Ungkapan ini lahir dari Kiai Wahab Chasbullah. Makanya saya ziarah ke sini. Sesudah itu saya ziarah ke Gus Dur di Tebuireng,” ujar mantan Ketua MK (Mahkamah Kosntitusi) ini.

Selanjutnya, Minggu (3/12/2023), Mahfud ziarah ke makam KH Asad Syamsul Arifin di Situbondo, kemudian Kiai Zaini di Paiton Probolinggo. “Pertemuan besarnya tadi di Trenggalek. Nanti malam di Sidoarjo, lalu besok malam di Bondowoso,” jelasnya.

NO COMMENTS

Tinggalkan Balasan